Kelengkapan Data Akademik
Pelaksanaan: 10 Jan 2022

Walaupun sebelumnya sudah diberlakukan blended learning atau kelas online, tetap saja penerapan online learning tanpa ada kelas tatap muka membutuhkan banyak persiapan. Salah satu caranya adalah dengan membuat modul pembelajaran baru untuk mendukung proses belajar mengajar secara online. Perguruan tinggi juga perlu memonitor kelas online, apakah sudah cukup efektif bagi mahasiswa dan dosen.

Maka dari itu, penting sekali untuk menerapkan mekanisme tata kelola yang mumpuni, terutama dalam aspek IT. Mulai dari mekanisme struktur organisasi IT, relasi dan interaksi yang jelas antara IT dan operasional bisnis di perguruan tinggi, serta penggunaan frameworks dan tools yang sesuai kebutuhan.

Berbeda dengan kelas tatap muka, pastinya kelas online membutuhkan peralatan komputer dan teknis yang canggih. Contohnya seperti Learning Management System, infrastruktur IT, website, dan penggunaan aplikasi video conference atau semacamnya. Harus dibentuk sebuah komite atau tim IT yang bisa secara penuh membantu apabila ada kesalahan teknis selama kelas online berlangsung. Tentunya, bantuan IT ini dilakukan secara remote.

Evaluasi Online Learning

Saat awal mula diberlakukan, masih banyak kekurangan dari online learning yang dikeluhkan baik oleh mahasiswa maupun dosen. Maka dari itu, melakukan evaluasi sangat penting untuk dilakukan oleh institusi pendidikan. Ada banyak aspek yang bisa dibenahi agar sistem online learning semakin optimal, sehingga akan lebih baik bila mendelegasikan evaluasi ke masing-masing departemen. Evaluasi ini dilakukan secara menyeluruh, artinya betul-betul melakukan penilaian terhadap setiap kelas online di seluruh jurusan.

Memang terkesan rumit, akan tetapi evaluasi ini dapat meningkatkan kualitas akademik perguruan tinggi walaupun di tengah pandemi. Beberapa contoh strategi yang bisa dilakukan untuk lebih mengoptimalkan proses belajar mengajar secara remote adalah dengan mengurangi jumlah siswa di setiap kelas online, adanya tutoring online dalam kelompok kecil, dan pengadaan diskusi online via forum, dokumen kolaboratif, atau aplikasi bersama.

79x

Event & Kegiatan

Informasi Terbaru

Sosial Media